ORGANISASI DAN MUHAMMADIYAH

1. Pengertian Organisasi

Menurut bahasa organisasi berasal dari kata organ, yang bearti tubuh. Sedangkan menurut istilah organisasi adalah sekelompok manusia yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Jadi, organisasi artinya beberapa orang yang saling kerja sama sesuai dengan fungsi dan tugasnya masing-masing untuk mencapai suatu tujuan.

2. Manfa’at Organisasi

Banyak sekali manfa’at yang kita peroleh apabila kita berorganisasi, diantara manfa’atnya adalah sebagai berikut :
a. segala pekerjaan yang berat akan menjadi ringan dan bermutu
b. salah satu sarana untuk mencapai tujuan
c. sebagai sarana untuk menyelesaikan masalah-masalah ummat
d. menghemat dana, daya, dan waktu

3. Syarat Organisasi

Suatu organisasi dapat dibentuk atau berdiri apabila telah memenuhi syarat-syarat berdirinya organisasi, yaitu :
a. ada pemimpin
b. ada yang dipimpin
c. ada alat atau sarana untuk memimpin
d. ada cara dalam memimpin
e. ada kerja sama
f. ada tujuan yang hendak dicapai

4. Muhammadiyah Sebagai Organisasi

Muhammadiyah menurut bahasa berasal dari kata Muhammad dan Iyah. Muhammad adalah nama seorang Nabi yang terakhir dan Iyah adalah yanisbiyah yang berarti menjeniskan. Jadi, Muhammadiyah artinya pengikut Nabi Muhammad SAW.

Muhammadiyah menurut istilah adalah suatu organisasi Islam yang merupakan gerakan da’wah ‘amar ma’ruf nahi mungkar yang berpedoman kepada Al Qur’an dan Hadits.

5. Maksud dan Tujuan Muhammadiyah

Maksud dan tujuan Muhammadiyah sesuai dengan putusan Muktamar Muhammadiyah ke-41 di Surakarta pada tahun 1985, tersebut dalam Anggaran Dasar Bab I Pasal 3, adalah sebagai berikut : “Maksud dan tujuan Persyarikatan Muhammadiyah ialah menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat utama yang diridhoi oleh Allah SWT.”

Dalam rumusan maksud dan tujuan, nampak beberapa penegasan sikap Muhammadiyah sebagai organisasi Islam, yakni :

a. Menegakkan
yakni menegakkan semua ajaran Islam secara kaffah (utuh), baik aqidahnya, syari’atnya, akhlak maupun mu’amalanya.
b. Menjunjung tinggi
yakni agama Islam dimuliakan, dihormati dan menempatkan agama Islam di atas segala-galanya, karena agama Islam untuk menyematkan manusia di dunia dan di akhirat.
c. Masyarakat utama
yakni masyarakat dan pemimpin yang taat dan berbakti menurut ajaran Islam, yang rajin bekerja untuk mendapatkan kebahagian di dunia dan di akhirat. Masyarakat inilah yang dimaksud dengan Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghaffur.



Sumber :

Buku Sumber Pembelajaran Kemuhammadiyahan untuk Sekolah Dasar Muhammadiyah disusun oleh TKP Al Islam dan Kemuhammadiyahan dan diterbitkan oleh Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah PWM Provinsi DKI Jakarta
Tags: , ,